Lapax Theme
Qurta Dan SirwalBelanja Baju Koko, Kurta, Pakistan Dan Sirwal Yuuk!!

Tips Meningkatkan Pengunjung Situs Web Toko Online

Exabytes
0Shares

Kecanggihan dan kecepatan dunia digital mempermudah masyarakat dalam melakukan berbagai kegiatan dan transaksi. Para pebisnis berlomba-lomba memasarkan produknya secara online, sekalipun jika mereka sudah memiliki toko fisik.

Dengan membuat situs web toko online, mereka berusaha mengembangkan usahanya dan memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Berbisnis secara online tidak bisa sembarangan. Perlu strategi khusus agar situs toko dapat ditemukan dengan mudah dan dikunjungi banyak orang.

Yuk, simak tips untuk meningkatkan lalu lintas pengunjung di bawah ini.

1. Manfaatkan Media Sosial

Gunakan media sosial untuk membantu mendatangkan trafik

Media sosial dapat membantu dalam meningkatkan lalu lintas pengunjung situs toko online Anda. Toko onlinesangat memerlukan peran media sosial karena jangkauannya yang sangat luas.

Ada beberapa jejaring sosial populer yang bisa digunakan untuk menarik pengunjung.

Facebook menyediakan jenis kiriman yang cukup lengkap, tetapi biasanya didominasi kiriman berbentuk teks, gambar, galeri, video, dan tautan.

Berbeda dengan Twitter yang setiap tweet-nya memiliki jumlah karakter yang terbatas. Buatlah tweet menarik yang singkat dan jelas agar tidak membingungkan.

Untuk sosial media yang menitikberatkan pada gambar, Anda bisa menggunakan Instagram atau Pinterest. Gambar haruslah menonjol dan menarik perhatian supaya orang tertarik mengetahui lebih jauh lagi.

Dari semua media sosial yang telah disebutkan, jangan lupa sertakan tautan menuju situs toko online Anda.

2. Lakukan Blogwalking

Sempatkan waktu Anda untuk keliling sebentar dan mengunjungi situs-situs milik orang lain (blogwalking).

Anda bisa mengikuti, berlangganan, atau berkomentar di situs tersebut. Perkenalkanlah situs toko sendiri saat sedang berkomentar.

Situs Anda bisa semakin cepat dikenal dan dikunjungi lebih banyak orang. Dengan begitu, lalu lintas pengunjung akan cepat meningkat pula.

Namun, perlu diingat bahwa jangan sampai Anda membuat pemilik situs atau pengunjung lainnya merasa tidak nyaman.

Hindari terlalu banyak mempromosikan situs yang justru akan dianggap spam. Lakukan secara natural dan jangan berlebihan.

3. Situs yang Responsivedan Cepat

Situs yang responsive dan cepat akan meningkatkan konversi dan trafik

Saat ini, sebagian besar orang mengakses mesin pencari melalui ponsel atau tablet.

Tampilan situs untuk komputer atau laptop tentunya berbeda dengan tampilan gawai yang berukuran lebih kecil. Atur tampilan dan desain situs toko Anda supaya bisa tetap rapi dan nyaman jika diakses melalui ponsel atau tablet.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa situs Anda dapat diakses dengan cepat.

Pemuatan situs yang lamban hanya akan membuat pengunjung malas dan segera meninggalkan situs. Hal ini berdampak negatif pada lalu lintas pengunjung.

Oleh karena itu, sebaiknya pilih desain dan tema situs yang ringan dan ringkas sehingga pemuatan situs dapat berjalan lebih cepat.

4. Pemasaran Menggunakan Email

Email marketing adalah salah satu sumber trafik yang legit!

Siapa bilang email sudah ketinggalan zaman?

Anda masih bisa memasarkan produk-produk, informasi, promo, serta layanan terbaru melalui email. Cara ini mampu meningkatkan lalu lintas dengan cukup sukses.

Perlu diperhatikan bahwa jangan sampai kiriman email dapat mengganggu pelanggan Anda.

Hindari mengirim email yang terlalu sering dan tidak terlalu penting karena akan dianggap spam. Hal itu juga bisa membuat pelanggan kehilangan minat pada bisnis Anda.

5. On Page SEO

Optimasi on page SEO untuk trafik yang lebih besar

Optimasi halaman website dan halaman produk Anda untuk SEO (on page SEO). Buat judul, deskripsi yang menarik dan mengandung kata kunci yang Anda incar pada mesin pencari.

Meta deskripsi yang baik juga mampu menarik perhatian pengunjung dan membuat mereka mengeklik tautan situs Anda.

Buatlah meta deskripsi yang unik dan mampu membuat seseorang penasaran untuk membaca kelanjutannya pada setiap produk Anda.

Jangan lupa untuk menyisipkan satu kata kunci di dalamnya, tidak perlu berkali-kali karena akan terdeteksi sebagai pelanggaran.

Perhatikan kata apa saja yang akan dipakai karena jumlah karakter untuk meta deskripsi terbatas.

Jika Anda menggunakan WordPress, Anda dapat memanfaatkan plugin SEO by Yoast. Terdapat fitur-fitur yang bisa membantu dalam mengoptimalkan SEO pada situs toko Anda.

6. Tulis Judul Produk Yang Menarik

Rata-rata orang akan melihat judul terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengeklik sebuah tautan.

Pastikan bahwa judul yang Anda buat sesuai dengan isi dan konteksnya. Jika isinya adalah produk-produk yang dipasarkan, buatlah judul yang simpel, ringkas, jelas, serta memuat kata kunci.

Apabila Anda membuat judul untuk konten lain, jangan sampai judul terlalu melebih-lebihkan dan tidak sesuai dengan isi.

Kebanyakan orang sangat suka judul yang memuat angka, tips dan trik, rekomendasi, dan fakta. Pikirkan sebaik-baiknya sebelum Anda mempublikasikan setiap kiriman situs.

7. Buat Konten Promosi Berbentuk Video

Buat konten promosi berupa video

Promosi produk-produk yang unik dan menarik akan mendorong pengunjung untuk membeli. Nah, bagaimana jika promosi dikemas dalam bentuk video?

Orang-orang biasanya lebih tertarik dengan gambar dan video dibandingkan teks biasa. Perhatian pengunjung akan terambil dan berdiam sejenak untuk menonton video tersebut.

Selain untuk menarik minat calon pelanggan, video promosi juga dapat meningkatkan lalu lintas pengunjung situs.

8. Gunakan Long Tail Keyword

Long Tail Keyword atau LTK adalah jenis kata kunci yang terdiri dari 4 kata atau lebih. LTK sangat bermanfaat dalam memudahkan Anda untuk membuat konten karena topiknya bisa lebih terarah.

Tingkat kompetisi juga rendah di mesin pencari karena tidak banyak yang memakai kata kunci model ini. Bahkan, Anda bisa masuk ke halaman satu mesin pencarian dengan LTK.

9. Rutin Membuat Konten Blog Menarik

Rajinlah menulis blog yang berhubungan dengan nicheproduk Anda

Selain memasarkan produk, tidak ada salahnya untuk membuat konten-konten dengan tema yang bervariasi.

Konten blog adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan lalu lintas pengunjung. Anda bisa membuat konten yang jarang dibahas situs lain atau konten yang relevan dengan produk Anda.

Misalnya, Anda menjual pakaian dan sepatu. Buatlah konten tentang rekomendasi seperti pakaian untuk kegiatan tertentu, cara merawat sepatu, infografik, dan fakta-fakta unik tentang keduanya.

Konten harus orisinal, tidak boleh menduplikasi konten milik orang lain. Tulislah semenarik mungkin supaya orang tertarik untuk singgah di situs Anda dan membacanya.

Itulah tadi cara-cara untuk meningkatkan lalu lintas pengunjung untuk situs toko online. Nah, sudahkah Anda memahami dan mencermatinya? Lakukanlah secara bertahap dan tetap tekun serta sabar. Semoga bermanfaat!

0Shares
IDCloudhost
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *