fbpx
KAHFYKoko Kurta Dan Celana Sirwal

Cara Mendatangkan Traffic Untuk Bisnis Online

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Traffic adalah sesuatu yang penting bagi sebuah bisnis online. Tanpa adanya traffic, sebuah bisnis online tidak akan mendapatkan pengunjung. Kalau tidak ada pengunjung maka tidak akan ada penjualan. Kalau tidak ada penjualan maka bisnis online akan mengalami kerugian dan lama-lama tutup.

Maka dari itu bagi Anda yang baru mulai bisnis online sangat perlu memperhatikan traffic ini. Jangan sampai bisnis online yang Anda mulai tutup hanya gara-gara tidak ada traffic yang datang.

Memilih Cara Mendatangkan Traffic Untuk Bisnis Online Yang Baru Mulai

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda pilih dalam mendatangkan traffic. Cara-cara berikut ini kami rangkum dari beberapa sumber sehingga Anda tinggal pilih mana yang cocok dengan kondisi Anda saat ini. Apa saja pilihannya? Berikut rinciannya.

Mulai dari apa yang Anda pahami

Pilihan pertama adalah mulai dari apa yang Anda pahami. Cara ini disampaikan oleh Bramantya Farid di KEPO-KIRIM.EMAIL Podcast Episode 51.

Maksudnya begini, ada banyak pilihan dalam mendatangkan traffic untuk bisnis online. Ada yang melalui Facebook Ads, SEO, Google Ads, Instagram hingga email marketing.

Namun jika baru mulai bisnis online dalam menentukan traffic tidak perlu semua Anda pakai. Anda cukup pakai sumber traffic yang Anda pahami.

Kalau Anda paham tentang SEO ya optimalkan SEO untuk mendatangkan traffic. Kalau Anda tentang Instagram yang gunakan Instagram untuk mendatangkan traffic.

Jika pendapatan Anda sudah stabil maka Anda bisa menambah cara mendatangkan traffic yang lainnya.

Pilih yang sesuai dengan budget yang Anda miliki

Pilihan yang kedua dalam memilih cara mendatangkan traffic adalah sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Pada prinsipnya traffic itu hanya ada dua, yaitu traffic organik dan traffic berbayar. Traffic organik itu adalah traffic yang datang dengan sendirinya tanpa Anda harus mengeluarkan uang. Contohnya seperti viral konten, endorse, SEO, dll.

Sedangkan traffic berbayar itu adalah traffic yang datang hanya ketika Anda membayar. Jika Anda tidak membayar maka traffic tidak datang. Contohnya seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dll.

Jika Anda punya budget yang cukup banyak Anda bisa pilih cara mendatangkan traffic dengan cara berbayar. keunggulannya adalah traffic akan datang dengan cepat dan tertarget. Tapi Konsekuensinya uang Anda akan habis cepat atau lambat jika tidak menghasilkan penjualan.

Namun jika budget Anda terbatas ya pilihlah cara mendatangkan traffic yang tanpa mengeluarkan. Keunggulannya uang Anda bisa Anda alokasikan untuk yang lain. Tapi konsekuensinya butuh waktu dan tenaga yang tidak sedikit untuk mendapatkan hasilnya.

Sarang semut

Pilihan berikutnya tentang cara mendatangkan traffic untuk bisnis online yang baru mulai adalah sarang semut. Pilihan ini sering disampaikan oleh Jaya Setiabudi dalam bukunya yang berjudul Buka Langsung Laris.

Dalam buku tersebut Mas Jaya menganologikan target market kita sebagai semut, sedangkan tempat mereka berkumpul itu adalah sarangnya.

Jika kita ingin mendatangkan semut maka kita harus tahu sarangnya dan memancing mereka untuk datang. Begitu juga dengan bisnis online, kalau kita ingin mendatangkan traffic maka kita harus tahu dimana sumber trafficnya.

Sebagai contoh, kalau target market kita berada di Facebook ya kita datangkan mereka dengan Facebook Ads atau konten viral. Kalau target market kita berada di Instagram ya kita gunakan Instagram Ads atau influencer untuk menjangkau mereka.

Tempel Kompetitor

Pilihan berikutnya yang bisa Anda pilih adalah tempel kompetitor atau market leader. Kompetitor atau market leader biasanya sudah punya stategi dan cara yang teruji dalam mendatangkan traffic. Kita tidak perlu susah payah menentukan channel yang akan kita gunakan. Cukup tempel kompetitor atau market leader dan kita akan mendapatkan traffic.

Contohnya jika kompetitor atau market leader Anda menggunakan Facebook Ads dalam mendatangkan traffic, ya Anda juga gunakan Facebook Ads. Kalau kompetitor Anda beriklan menggunakan video (Youtube) maka Anda juga perlu mendatangkan traffic denga video (Youtube) juga.

Itulah 4 pilihan yang bisa Anda pilih dalam mendatangkan traffic untuk bisnis online yang baru mulai. Pilih salah satu saja dulu, lakukan sampai berhasil mendapatkan penjualan yang stabil. Setelah itu silakan menambah ke pilihan yang lainnya. Mudah-mudahan bermanfaat dan sampai bertemu di artikel berikutnya.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *